itik pedaging

 

 

 

 

 

 

Cara Menternak Itik Daging

Cara meningkatkan produksi daging itik
Untuk meningkatkatkan usaha produksi itik daging, tidak cukup hanya dengan memanfaatkan bibit atau pemberian pakan yang  baik, menyediakan perkandangan yang aman dan nyaman tetapi peternak juga harus mampu mengenali gerak-gerik dan tingkah laku ternaknya. Dengan demikian peternak dapat langsung mengetahui apa yang terjadi dan apa yang diinginkan ternak peliharaannya dengan cepat dan tepat.
Sebagai contoh, anak itik yang baru menetas ada yang kelihatan lemas dan sering tidur. Penyebabnya mungkin karena sulit belajar makan atau malas. Bila tidak dibantu maka pertumbuhan anak itik tersebut akan kurang baik. Pada umur 2 hari anak itik sudah harus rajin makan. Untuk merangsangnya, dapat memanfaatkan tingkah laku anak itik yang yang selalu ingin tahu dan mengikuti apa yang dilakukan temannya. Anak itik ini biasanya akan mengorek-ngorek atau mengetuk-ngetuk tempat pakan. Tingkah laku ini akan diikuti oleh anak itik lainnya. Kemudian anak itik akan mulai makan.     
Maksud dari kata meningkatkan ialah mengoptimalkan kemampuan ternak yang kita budidayakan dalam menghasilkan produksi daging sesuai dengan bakat genetik atau kemampuannya. Hal ini dapat dicapai melalui cara-cara pemeliharan dan manajemen ternak yang baik serta memperhatikan kesejahteraan ternaknya.
Di bawah ini beberapa kiat untuk meningkatkan usaha produksi itik daging :
1). Mengenal Jenis Itik Penghasil Daging
Pada dasarnya setiap itik baik jantan maupun betina dapat menghasilkan daging. Jadi yang dimaksud dengan itik pedaging adalah itik yang khusus dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sumber daging. Dari berbagai jenis itik yang ada, itik penghasil daging yang utama adalah itik jantan. Namun sebelum mengenal jenis-jenis itik penghasil daging yang baik adalah lebih baik bila mengetahui terlebih dahulu beberapa hal tentang daging itik :
  • Ciri Itik Penghasil daging yang baik dapat dikelompokan dalam kelompok itik penghasil daging, artinya dipelihara khusus untuk menghasilkan daging mempunyai ciri-ciri seperti berikut….. selengkapnya baca di sini.
  • Dengan memperhatikan ciri itik penghasil daging di atas, maka jenis itik  yang baik untuk dijadikan sebagai  penghasil itik daging adalah…….selengkapnya baca di sini.
2). Pengetahuan Tentang Bibit Itik
Pengertian pemilihan bibit itik daging yang baik  terbagi dalam dua kategori antara lain :
  • Bibit itik yang akan diambil keturunannya untuk dibudidayakan sebagai penghasil daging (parent stock)
  • Bibit itik yang langsung dibudidayakan sebagai penghasil daging itik atau lebih dikenal dengan final stock (bibit akhir).
3). Perkandangan
Pemeliharaan itik pedaging sebaiknya dipelihara di dalam kandang agar ruang geraknya terbatas. Bila ruang geraknya tidak terbatas, energi yang diperoleh dari pakan akan digunakan untuk berlari-lari. Akibatnya, energi untuk pembuatan daging berkurang dan terjadilah pemborosan pakan. Selain itu kandang itik harus nyaman dan aman……….selengkapnya baca di sini.
4). Beri Pakan Yang Berigizi
  • Ketahui Kandungan gizi dalam pakan
  • Pelajari cara menyusun pakan
5). Pencegahan Penyakit
Produksi daging unggas akan sesuai dengan harapan bila kondisi kesehatan unggas di jaga. Kehadiran penyakit merupakan suat hal yang dapat menggagalkan tujuan tesebut. Oleh karenanya maka  kita perlu menjaga unggas dari penyakit dan mengobatinya bila terserang. Upaya ini dapat berjalan dengan baik bila kita mengetahui atau mengenal vaksin, obat-obatan, dan antibiotika serta mengetahui cara mencegah kehadiran bibit penyakit serta mengetahui car mengobati bila ternak itik  telah terserang penyakit.
6). Pasca Panen
Daging unggas dipanen melalui proses dari unggas hidup menjadi bentuk siap diolah. Produk pertama dari pemrosesan adalah karkas yaitu unggas yang telah dipotong, dibului dan dikeluarkan jeroannya. Pada umumnya karkas tanpa kepala , leher dan bagian kaki yang tanpa bulu disebut karkas utuh.

Comments

Popular Posts